Admin
Kamis, 08 Maret 2016
1966 Dibaca


image1

Bilangan tahun menunggu, Nagari Lubuak Alai Kecamatan Kapur IX akhirnya mendapatkan cetak sawah baru. Masyarakat berharap pencetakan lahan pertanian di nagari itu dilanjutkan dengan perluasan dan pembinaan terhadap kelompok tani.
    “Sawah ini sudah kami tunggu sejak tahun 2007 lalu, namun baru kini terwujud. Kami sangat berterimakasih kepada Kodim 0306/50 Kota dan Dinas Pertanian yang telah melaksanakan kegiatan pencetakan sawah baru di Lubuak Alai ini,” ungkap Pj Wali Nagari Lubuak Alai Epi Susanti dalam laporannya di hadapan Wakil Bupati Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan, S.Sos pada acara penanaman perdana cetak sawah baru di Jorong Koto Tinggi, Nagari Lubuak Alai, Senin (7/3).
    Dikatakan, kehadiran sawah baru itu cukup disambut antusias masyarakat. Buktinya, begitu pencetakan sawah baru tahap pertama seluas 19 hektar selesai di laksanakan, masyarakat langsung mengajukan permohonan cetak sawah berikutnya seluas 103 hektar lagi.
Hal senada ikut dilontarkan H Irman Tedi anggota DPRD dari wilayah pemilihan Kapur IX. Menurutnya, kehadiran sawah tersebut merupakan sejarah baru bagi Lubuak Alai. Sebab, selama ini nagari penghasil gambir tersebut nyaris tidak memiliki sawah sama sekali.
“Ini sejarah baru dan setahu saya sudah hampir 30 tahun masyarakat Lubuak Alai menunggu kehadiran sawah di nagarinya. Berkat usaha keras berbagai pihak terutama TNI dan pihak Kementerian Pertanian, akhirnya harapan itu terwujud,” papar Irman Tedi.
Menyikapi harga komoditi unggulan masyarakat terutama gambir dan karet yang selama ini cenderung berfluktuatif, Irman menilai pencetakan sawah baru itu merupakan solusi tepat bagi perekonomian di Lubuak Alai. Untuk itu, kegiatan cetak sawah tersebut perlu didukung dan dilanjutkan dengan penyempurnaan sarana dan prasarana lainnya seperti irigasi.
“Saya pastikan, kami di DPRD dari wilayah pemilihan  kapur IX dan Pangkalan akan mendukung kelanjutkan kegiatan cetak sawah baru ini,” janji Irman yang dianggukan anggota dewan lainnya dari wilayah pemilihan yang sama.
Sementara itu Wakil Bupati dalam sambutannya mengapresiasi Kodim 0306/50 Kota dan pihak terkait atas kesuksesannya melaksanakan pencetakan sawah baru di Kabupaten Lima Puluh Kota. Sebab, pengalamannya selama duduk di DPRD beberapa waktu lalu, harapan pencetakan sawah baru yang sudah ada sejak tahun 2007 tersebut selalu gagal.
“Sewaktu saya di DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota dulu, harapan sawah baru di daerah ini sudah dua kali batal dilaksanakan. Ternyata kini dandim 0306/50 Kota mampu melaksanakannya,” puji Ferizal.
Agar areal pertanian itu benar-benar mampu memberikan kontribusi yang optimal terhadap kehidupan masyarakat, Ferizal berharap kegiatan cetak sawah baru ini dilanjutkan dengan kegiatan penguatan kelembagaan.
“Jangan sampai sawah baru itu justru mengundang persoalan baru. Untuk itu kita perlu menindaklanjuti dengan penguatan kelembagaan,” jelas Ferizal sembari mengingatkan masyarakat tidak lupa membayarkan zakat padinya ketika panen nantinya.
Sebelumnya Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Heri Sumitro, S.Pd dalam penyampaiannya mengatakan cetak sawah baru di daerah ini termasuk yang tercepat di wilayah Sumbagut. Semua itu berkat kerjasama dan suport berbagai pihak.
“Seperti yang pernah disampaikan Kepala Dinas Pertanian, untuk wilayah Sumbagut mulai dari Sumbar, Riau, Sibolga termasuk Riau daerah kita merupakan yang pertama. Semua itu tercapai berkat kerjasama kita semua,” ujar Heri Sumitro.
Dikatakan, hari ini sawah baru di Labupaten Lima Puluh Kota sudah melakukan tanam perdana, sementara di daerah lain cetak sawahnya baru terealisasi di bawah 50%. Usai pencetakan sawah baru tahap pertama seluas 70 hektar, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan pencetakan tahap kedua seluas 1.122 hektar.
“Untuk menindaklanjuti jumlah 1.122 hektar tersebut rencananya tanggal 14 nanti akan dilaksanakan MoU antara Dinas Pertanian dengan Kodam Bukik Barisan. Untuk suksesnya kegiatan yang lebih besar tersebut kita kembali berharap kerjasama dan partisipasi semua pihak,” tutur Heri.  (hendri gunawan)

Statistik


Banner


Saran Masuk



Sampaikan Saran Anda